Sabtu, 05 Juli 2008

Alkohol Mengusir Pikun

Para lansia yang mulai mengalami kerusakan kemampuan kognitif bisa mencoba untuk mengonsumsi sedikit saja alkohol setiap hari untuk mencegah terjadinya demensia (pikun).

Dalam sebuah studi yang dilaporkan dalam jurnal medis Neurology, terbukti bahwa para lansia yang berusia antara 65-84 tahun yang mengonsumsi alkohol setiap hari mengalami penurunan risiko kepikunan hingga 85%.

Gejala demensia yang umum dialami oleh para lansia adalah mudah lupa, kemunduran daya nalar dan daya berbahasa, serta kesulitan dalam memutuskan sesuatu. Demensia terjadi akibat kerusakan dan degenerasi sel neuron yang dapat disebabkan oleh gangguan pembuluh darah ke otak serta pengaruh faktor genetik.

Sebanyak 1.445 lansia yang mengalami kerusakan kemampuan kognitif yang mengarah pada demensia dan 121 pasien gangguan kognitif menjadi responden dalam penelitian ini. Para peneliti kemudian mengamati kesehatan mereka selama 3.5 tahun sejak mereka mulai mengonsumsi alkohol pada awal dimulainya penelitian ini.

Hasilnya yaitu responden yang mengonsumsi alkohol sekali dalam sehari memiliki risiko demensia yang berkurang 85% dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi alkohol. Para peneliti belum mengetahui bagaimana mekanisme alkohol bisa melindungi pasien terhadap demensia. Kemungkinan hal itu terjadi karena pengaruh pembuluh darah di dalam otak.

Sumber : Reuters

0 komentar:

Posting Komentar