Rabu, 02 Juli 2008

Ayam Sumber Protein yang Kaya Akan Gizi

Sebagian kelompok unggas, seperti ayam, bebek, dan burung dapat diolah menjadi makanan sumber protein hewani, asam amino, vitamin, dan mineral. Makanan tersebut memiliki kandungan lemak yang relatif lebih rendah dibandingkan daging merah (daging sapi, kambing, kerbau).
Tidak hanya daging ayam yang dapat disajikan sebagai makanan lezat. Demikian juga halnya dengan otak, kulit, jeroan, lemak, tulang, dan juga ceker-nya. Selain memiliki rasa yang gurih, ayam memiliki kandungan asam amino esensial yang baik untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak atau aus. Seratnya yang pendek memudahkan tubuh untuk dicerna.
Kebanyakan orang mengelompokkan ayam menjadi dua, yaitu ayam boiler dan ayam kampung. Padahal masih banyak jenis ayam lainnya yang berada di pasaran, antara lain :

Ayam boiler
Atau ayam ras. Merupakan hasil rekayasa penyilangan beberapa jenis ayam. Termasuk jenis yang paling populer dan mudah ditemukan di pasaran. Memiliki harga yang lebih murah dibandingkan ayam kampung, karena lebih cepat dipanen.

Ayam kampung
Atau ayam buras. Ayam kampung diyakini lebih sehat dan aman dikonsumsi, karena tidak disuntik hormon dan makanan yang dikonsumsi lebih alami. Walaupun kurus dan kurang daging, harga ayam kampung di pasaran lebih mahal. Rasa daging ayam kampung lebih manis, gurih, dan memiliki aroma yang tidak mengganggu.

Ayam petelur
Ayam petelur serupa dengan paduan antara ayam kampung dengan ayam ras. Ayam petelur ini dijual setelah ia tidak lagi bertelur. Rasa dagingnya keras, cocok untuk dimasak sup atau digoreng.

Ayam cemani
Biasanya dijual di pasar swalayan yang besar. Ayam cemani berwarna hitam mulus dan kurang populer digunakan sebagai bahan masakan. Namun lebih banyak digunakan untuk pengobatan.

1 komentar:

  1. Terimakasih telah mempromosikan ayam sebagai sumber protein yang baik dan murah, usaha ini telah ikut berperan dalam memajukan dunia peternakan unggas Indonesia. Sukses

    BalasHapus