Senin, 30 Juni 2008

Anggur Dan Kanker Kulit

Buah anggur tidak hanya semata-mata merupakan hidangan di atas meja yang enak untuk dinikmati, tapi buah ini juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Tidak heran jika banyak produk perawatan kulit memanfaatkan buah ini untuk bahan baku produknya karena dapat membersihkan darah sehingga kulit akan tampak lebih bersih.

Namun tahukah anda jika memakan buah anggur dapat menghambat pertumbuhan kanker kulit? Kandungan kimia yang terdapat di biji anggur dapat menangkis bahaya kanker kulit akibat sering terpapar sinar matahari, hal ini disampaikan dalam laporan Animal Study pada pertemuan tahunan American Chemical Society di Chicago.

Itulah hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Universitas Alabama, Birmingham. Penelitian dilakukan dengan menggunakan sekelompok tikus tanpa bulu yang dijemur terkena sinar ultraviolet. Satu kelompok tikus diberi suplemen proanthocyanidins (GSP) yang berasal dari biji anggur, sedangkan sekelompok tikus lainnya yang merupakan kelompok kontrol tidak diberi makan dengan suplemen GSP.

Hasilnya, sekelompok tikus yang diberi makan dengan suplemen GSP, ampuh menghambat cahaya masuk ke dalam tubuhnya yang dapat menyebabkan karsinogenesis (munculnya kanker). Tikus yang diberi suplemen GSP, 78 persen mempunyai tumor lebih kecil dibandingkan dengan kelompok tikus kontrol.

Dr. Santosh K. Katiyar yang merupakan pemimpin penelitian ini menyarankan untuk mengkonsumsi secara rutin GSP sebagai suplemen diet agar terhindar dari bahaya kanker kulit.
GSP mempunyai antioksidan aktif yang dapat menekan penghambatan sistem kekebalan tubuh akibat sinar UV. Seperti diketahui bahwa sinar UV yang masuk ke dalam tubuh dapat menghambat sistem kekebalan pada tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar