Minggu, 29 Juni 2008

Kuliner : Bakmoy Sehat

Bahan :
  1. Dada ayam (separo)
  2. Tahu (1 potong)
  3. Udang (100 gram)
  4. Telur (1 butir)
  5. Tepung terigu (2 sdm)
  6. Daun bawang (secukupnya)
  7. Bawang putih goreng (secukupnya)
  8. Bawang merah goreng (secukupnya)
  9. Merica (secukupnya)
  10. Garam (secukupnya)
  11. Kecap Manis (secukupnya)
  12. Peyedap Rasa (secukupnya)

Cara Membuat :

  1. Haluskan udang bersama bawang putih goreng dan bawang merah goreng. Campur dengan tepung terigu, telur, garam, merica, dan penyedap rasa. Aduk hingga rata. Masukkan dalam kantong plastik yang sudah digunting ujungnya hingga membentuk kerucut. Keluarkan isi adonan membentuk lingkaran menyerupai isi perut ayam di atas minyak panas. Goreng hingga berwarna kecoklatan. Hasilnya adalah bakso udang berbentuk panjang. potong kotak-kotak.
  2. Masak dada ayam hingga matang. Angkat. Pisahkan air kaldu. potong ayam kotak-kotak.
  3. Tahu yang masih mentah juga dipotong kotak-kotak.
  4. Panaskan penggorengan. Masukkan tahu, ayam, dan bakso udang. Tambahkan bawang merah goreng dan bawang putih goreng. Masukkan pula sedikit garam, merica, kecap manis, dan penyedap rasa. jangan lupa daun bawang. Masak hingga bumbu meresap. Sisihkan.
  5. Untuk kuah, ambil kaldu ayam. Panaskan di atas api. Tambahkan bawang merah goreng, bawang putih goreng, daun bawang, garam, merica, dan penyedap rasa. Masak hingga mendidih.
  6. Saat menyajikan, taruh nasi di atas piring. Ambil bakmoy yang sudah jadi. Tata di pinggir nasi. Lebih enak bila dilengkapi telur rebusa yang sudah digoreng plus sambal petis. Kuahnya bisa disiram langsung atau disajikan terpisah. ( Untuk enam porsi )

Sumber : Jawa Pos

0 komentar:

Posting Komentar