Senin, 30 Juni 2008

Lemak yang Baik Untuk Diet Moderat

Tahukah kamu?Tidak semua makanan berlemak itu menggemukkan. Contohnya alpukat, minyak zaitun, ikan, atau minyak yang berasal dari kacang-kacangan atau biji-bijian yang sering digunakan sebagai menu diet moderat. Jenis makanan ini tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk.

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh tersebut membantu kita untuk melakukan diet karena dengan lemak dan rasa yang terkandung di dalamnya membuat tubuh tetap segar dan bugar serta tidak merasa lapar.

Riset yang dilakukan oleh sebuah organisasi yang bernama Brigham and Women's Hospital di Sekolah Medis Harvard menemukan bahwa orang yang menjalani diet moderat rata-rata mengalami penurunan berat badan lebih dari 9 pon selama periode 18 minggu. Sedangkan untuk orang yang melakukan diet low-fat hanya mengalami penurunan berat 6 pon.

Manfaat lainnya dari lemak tak jenuh adalah lemak jenis ini dapat mempengaruhi kolesterol darah yang akan berfungsi untuk mencegah penyakit jantung. Lemak juga membantu tubuh menyerap nutrisi seperti lycopene (yang terapat di dalam tomat) dan lutein (yang terdapat pada sayuran hijau).

Mengkonsumsi lemak dengan jumlah kalori yang tidak berlebihan sangat berguna bagi tubuh karena berguna untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Para ahli gizi menyarankan untuk mengkonsumsi lemak sebanyak 35 persen dari total jumlah kalori yang dikonsumsi setiap harinya. Konsumsi lemak yang baik akan membuat diet semakin memikat.

0 komentar:

Posting Komentar