Senin, 30 Juni 2008

Mitos Menyesatkan Tentang Makanan

Kita terlahir dan hidup dari masyarakat masih banyak memegang teguh kayakinan hasil obrolan dari mulut ke mulut yang terkadang menyesatkan, termasuk dalam ruang lingkup makan dan makanan. Berikut beberapa anggapan yang salah tentang makanan :


1. Gula menyebabkan diabetesJika Anda penderita diabetes, Anda perlu memperhatikan asupan gula dankarbohidrat untuk menjaga kadar gula darah. Bila bukan diabetesi,asupan gula tak menyebabkan diabetes. Yang benar, makanan tinggikalori, termasuk banyak minum dan makan manis, kegemukan, dan takpernah olahraga adalah faktor risiko utama penyebab penyakit diabetes tipe 2.


2. Semua lemak tidak baikKita semua butuh lemak karena lemak membantu penyerapan vitamin A, D,E, K, transmisi saraf, dan menjaga integritas membran sel. Namun,ketika dikonsumsi berlebihan, lemak menyebabkan peningkatan beratbadan, penyakit jantung, dan kanker. Tentu tidak semua lemak buruk.Pilihlah lemak baik yang disebut lemak tak jenuh tunggal dan lemaktak jenuh ganda dalam pola makan sehari-hari. Lemak tak jenuh initerdapat pada ikan dan kacang kacangan.


3. Turunkan kolesterol dengan pantang seafoodKuncinya adalah konsumsi dalam jumlah wajar karena seafood memangmengandung kolesterol. Kadar koesterol dalam tubuh sebagian besardipengaruhi oleh lemak jenuh dan trans fatty acid. Keduanya initerdapat dalam daging merah dan makanan kemasan olahan. Trans fattyacid terdapat di snack kemasan, gorengan, atau margarin yang berisiminyak hydro genated.


4. Hindari karbohidrat agar berat badan cepat turunPesan utama diet rendah karbohidrat adalah karbohidrat mempercepatproduksi insulin yang ujung-ujungnya akan menambah berat badan. Namun,membatasi asupannya secara berlebihan bisa membuat tubuh kekurangankarbohidrat untuk kegiatan harian. Akibatnya, tubuh akan membakarcadangan karbohidrat untuk energi, dengan melepaskan air. Itulahsebabnya Anda kehilangan banyak air ketika diet rendah karbohidrat.


5. Tidak makan malam membantu menurunkan berat badanBanyak orang berpikir, makan lebih sedikit berarti mempercepatpenurunan berat badan. Mereka tidak tahu, ketika tak makan, tubuhberpikir kita sedang kelaparan dan karenanya memperlambat proses metabolisme. Kita pun cenderung makan banyak sesudah melewati waktumakan. Karena itu, jangan lewatkan waktu makan. Cara yang sehat adalahmakan sering tetapi dalam porsi kecil agar gula darah terus seimbang.

0 komentar:

Posting Komentar