Senin, 30 Juni 2008

Panjang Umur Dengan Makanan Sehat

Banyak penyakit berat bersumber dari makanan atau pola makan yang salah. Seperti hipertensi, asam urat, ginjal, kolestrerol bahkan kanker. Makanan memang erat kaitannya dengan kondisi kesehatan. Oleh karena itu maka pilihlan makanan yang sehat yang akan dikonsumsi sehingga dapat memperkuat tubuh melawan penyakit.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang unggul yang dapat memperkuat tubuh terhadap penyakit :

1. Brokoli
Mengandung vitamin C lebih banyak dari jeruk, kalsium lebih banyak dari segelas susu, lebih banyak serat dari roti gandum dan mengandung banyak antioksidan. Brokoli juga mengandung anti karsinogen yang dapat melawan perkembangan sel-sel kanker.

2. Chamomile
Membantu meringankan stres. Semakin rendah tingkat stres Anda, maka semakin terhindar dari resiko terkena serangan jantung. Tanaman ini juga dapat membantu ginjal untuk membersihkan tubuh dari kotoran.

3. Lemon
Buah yang satu ini sangat sekali kaya vitamin C. Selain kaya vitamin C, buah ini juga dapat dapat mencegah infeksi pada tubuh. Asam alami yang terbuat dalam tubuh bersifat anti bakteri serta ampuh untuk mengobati gangguan tenggorokan dan sariawan.

4. Bawang Bombay
Bawang bombay yang jika di makan, memang baunya kurang sedap di mulut, namun kaya akan vitamin C, antioksidan querticien dan sulfur. Tumbuhan ini juga terbukti dapat membantu berbagai penyakit pernapasan seperti mencegah asma ataupun penyakit saluran pernapasan lainnya. Bawang juga membantu menciptakan kadar kolesterol HDL yang baik dalam darah dan membantu mencegah penyakit kanker

5. Gandum
Gandum sangat tinggi kalsium dan juga serat. Khasiat tanaman biji-bijian ini dapat membantu menghambat kerapuhan pada gigi dan tulang akibat penuaan. Kadar kolesterol rendah yang dimiliki oleh gandum dapat meringankan tekanan darah serta mengobati kanker usus.

6. Tomat
Kandungan antioksidan lycopene dapat mencegah terserang resiko kanker pada tubuh terutama kanker prostat, lambung, dan paru-paru. Buah tomat juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlambat proses perkembangan penyakit.

7. Teh Hijau
Banyak mengandung antioksidan catechins dan polyphenols, juga kandungan vitamin A, C dan E. Teh hijau mencegah terjadinya oksidasi pada sel tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menstimulasi darah terhadap gangguan jantung.

0 komentar:

Posting Komentar