Selasa, 01 Juli 2008

Panduan Sederhana untuk Atasi Jantung Koroner

Panduan baru yang sederhana dalam Journal of the American Medical Association, dikeluarkan bagi para dokter dalam menangani pasien Sindroma Koroner Akut.

Panduan ini diharapkan akan banyak membantu dokter dalam menangani pasien Sindroma Koroner Akut. Banyak pasien yang tidak mendapat pengobatan optimal dikarenakan rumitnya dan banyaknya implementasi yang harus dikerjakan oleh dokter, obat yang harus diberikan serta perubahan pola hidup yang harus dilakukan.

Panduan yang berdasarkan abjad ini (ABCDE), dikembangkan oleh institusi kedokteran Johns Hopkins berdasarkan literatur medis yang diambil dari tahun 1990 hingga 2004. Dari sanalah dihasilkan pengelolaan yang aman dan efektif dalam mengatasi pasien yang mengalami Sindroma Koroner Akut.

Sindroma Koroner Akut terjadi sebagai akibat adanya sumbatan pada pembuluh darah Koroner yang memberi makan pada jantung. Salah satu gejala yang sering ditemukan adalah adanya nyeri dada yang dapat timbul pada saat istirahat atau pada saat kerja ringan.

Panduan ini telah dilakukan uji klinis oleh American Heart Association (AHA) dan American College of Cardiology (ACC). Sekali pasien didiagnosa menderita Sindroma Koroner Akut, maka penanganan yang dapat diberikan adalah:
1. A untuk anti platelet terapi, anti koagulasi, Angiotensin Converting Enzyme inhibition dan Angiotensin receptor blockade.
2. B untuk Beta bloker dan kontrol Blood pressure (tekanan darah)
3. C untuk pengobatan Cholesterol dan penghentian rokok (Cigarette)
4. D untuk pengelolaan Diabetes dan Diet
5. E untuk latihan atau Exercise.

Sumber : Journal of the American Medical

0 komentar:

Posting Komentar