Jumat, 27 Juni 2008

Dubai Bangun Tower Yang Bisa Berputar


Dubai terus mencakar langit. Seakan tak puas dengan gedng tertinggi yang dimiliki saat ini (Burj Dubai), kerajaan kecil kaya minyak itu siap membangun gedung unik bernama The Dynamic Tower. Gedung setinggi 420 meter tersebut lantainya bisa berputar 360 derajat secara mandiri sehingga bentuknya selalu berbeda.

Arsiteknya, David Fisher dari Italia, menyebut untuk memutar setiap lantainya cukup diperintah dengan suara pemiliknya dan setiap putaran akan memakan waktu 1 hingga 3 jam.

"Gedung ini akan membuka pandangan kita ke sekeliling, ke sebuah hidup baru," ungkap arsitek yang berpengalaman membangun gedung berarsitektur ekstrem selama 30 tahun itu.

Unit apartemen yang ditawarkan di gedung itu berkisar antara 124 m2 sampai 1200m2. Dengan harga USD 30 ribu per m2. Gedung tersebut memakan biaya USD 700 juta akan dibangun pada akhir 2008 dan diharapkan selesai pada 2010.

Meski memerlukan tenaga besar, The Dynamic Tower tersebut justru tidak boros energi. Bahkan, gedung tersebut menjadi gedung pertama yang dirancang untuk menghasilkan energi sendiri baik untuk keperluan gedung itu maupun gedung-gedung di sekitarnya. "Kondisi ini bisa dicapai dengan turbin angin yang dipasang di antara masing-masing lantai yang bisa berputar. Dengan 80 lantai, gedung ini punya 79 turbin angin yang akan benar-benar menjadi pembangkit listrik hijau," kata Fisher seperti yang dikutip AMEinfo.
Sumber : Jawa Pos

0 komentar:

Posting Komentar